Kamis, 12 Juni 2014

Bersedekahlah, Karena Ada Keajaibannya



Buku : 9 Keajaiban Shadaqoh
Penulis : Muhammad Syafi’i
Penerbit : Klik Publishing
Tahun Terbit : Juni, 2011
Halaman : 147 halaman
Peresensi : Rahmat Hidayat Nasution

Istilah shadaqoh atau sedekah bukanlah hal yang asing didengar. Mau muslim atau non muslim, sudah akrab dengan kata tersebut. Karena hakikatnya, memberi atau berbagi dengan orang lain. Keberadaan sedekah sendiri sesuai dengan kebutuhan manusia. Bukan hanya bagi yang menerima, tapi juga terhadap yang memberi.

Sehingga bersedekah tidak seharusnya membuat manusia takut kekurangan, malah yang terjadi adalah sebaliknya. Sedekah juga mampu menciptakan keharmonisan di dalam hidup, karena di dalamnya ‘terselip’ nilai mencintai dan menyayangi. Mencintai dan menyayangi sangat dibutuhkan manusia sama halnya dengan keinginan dicintai dan disayangi. Sedekah cukup berperan untuk membangun keduanya. Artinya, sedekah memang menjadi kebutuhan utama manusia, kebutuhan untuk hidup tentram dan mulia. Karena kemuliaan sendiri bisa lahir dari diri sendiri, harta benda, kepandaian ataupun kemuliaan disebabkan ilmu pengetahuan. Sedekah menjadi jalur untuk mendapatkan kemuliaan melalui harta benda.

Buku 9 Keajaiban Shadaqoh yang ditulis oleh Muhammad Syafi’I ini akan mengupas keajiban demi keajaiban yang didapat dari sedekah. Karena itu, penulis sengaja membagi kandungan buku ini menjadi 7 bagian. Yaitu, motivasi bersedekah dalam al-Qur’an dan Sunnah, Apa saja yang bisa disedekahkan, 9 sedekah yang paling dahsyat dirahasiakan, 9 keajaiban sedekah, 4 langkah menggapai keajaiban sedekah, bagaimana bersedekah yang efektif, Tips dan triks membangun budaya bersedekah.

Kajian yang cukup padat dikupas penulis dalam buku ini jelas akan menuntun pembaca menjadi pribadi yang aktif sedekah. Dengan mengenal ke-9 keajaiban sedekah yang dikemukakan penulis sungguh membuat pembaca menjadi gemar bersedekah. Ke-9 keajaiban sedekah tersebut adalah, Sedekah dapat melipat gandakan rezeki, sedekah jalan untuk mendapatkan kebahagiaan, sedekah itu menyehatkan, sedekah mampu menolak balak, sedekah janjikan surga, sedekah menjadi bukti keimanan dan keislaman, sedekah merupakan amal yang tidak putus pahalanya dan sedekah menjadi solidaritas umat menuju kemajuan.

Semua yang dikupas penulis dalam buku ini tak luput dari rujukan yang sangat otentik. Yaitu, al-Qur’an dan hadis Rasulullah Saw. Sehingga, buku penuh muatan isi yang tak diragukan. Isi dari buku ini pun layak dijadikan modal dakwah oleh para da’I, karena ayat dan hadis yang dijadikan rujukan dicantumkan bahasa Arabnya, artinya dan ada barisnya setiap hadis yang dimuat.

Oleh karena itu, buku ini layak dimiliki oleh siapa saja. Karena buku ini bahasanya cukup sederhana. Tak sampai berpikir panjang untuk memahami gagasan demi gagasan yang diungkapkan penulis dalam buku. Semoga dengan membaca buku ini pembaca bakal menjadi pribadi yang gemar bersedekah dan masuk dalam kategori firman Allah SWT., “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah [2]: 245)

Oleh : Rahmat Hidayat Nasution

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan