Kamis, 12 Juni 2014

Gaya Hidup Sehat Rasulullah



Buku : Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Jasmani dan Rohani
Penulis : Muhammad Safrodin
Penerbit : Pustaka Marwa, Yogyakarta
Tahun Terbit : 2012
Halaman : X + 148 halaman
Resentator : Rahmat Hidayat Nasution

Di dalam al-Qur’an, Allah Swt. mengingatkan kita untuk senantiasa mengikuti Rasulullah. Karena janji yang diberikan, jika mengikuti Rasulullah, adalah cinta Allah Swt. Mengikut Rasulullah tak hanya sebatas ajarannya saja, tapi juga gaya hidupnya. Pasalnya, kemampuan Rasulullah Saw. senantiasa kuat dan mampu beribadah kepada Allah tak luput dari kesehatan yang dimilikinya.

Bayangkan saja, semasa hidupnya Rasulullah Saw. jarang sekali mengalami sakit. Tentu saja, ini menjadi potensi utamanya sehingga mampu beribadah kepada Allah. Jika kita ingin memiliki ibadah seperti Rasulullah, maka hendaklah menjaga fisik dan rohani kita seperti Rasulullah. Karena kesehatan Rasulullah tak terlepas dari mampunya menjaga kesehatan fisik dan rohaninya.

Adalah buku yang dikarang oleh Muhammad Safrodin ini memberikan petunjuk kepada pembacanya ihwal gaya hidup sehat Rasulullah Saw. Plus, penulis juga membeberkan bukti ilmiah terhadap gaya hidup yang dijalani Rasulullah Saw. selama hidupnya. Sungguh, tak ada satu pun bukti ilmiah yang menyalahkannya. Malah, mendukung gaya hidup sehat Rasulullah Saw.

Buku yang memiliki ukuran 130 x 200 mm ini, dibagi oleh penulis menjadi 6 pembahasan. Yaitu, menggapai hidup sehat secara holistik, Rasulullah jarang sakit, Gaya hidup sehat ala Rasulullah sehat fisik, sehat jiwa dan mental, dan sehat secara sosial.

Salah satu contoh bahasannya terdapat di dalam sub pembahasan “Gaya hidup sehat ala Rasulullah sehat secara fisik”. Penulis mencantumkan data-data bahwa Rasulullah Saw. adalah orang yang membudayakan berolahraga. Salah satu contohnya adalah, Rasulullah sangat menyukai olahraga jalan kaki. Diriwayatkan, pernah suatu hari saat Rasulullah Saw. pergi ke makam di Baqi’, yang jaraknya sekitar 3 km dari pusat kota Madinah, dengan berjalan kaki. Padahal bukanlah urusan yang sulit baginya untuk meminta fasilitas kendaraan sehingga beliau tidak perlu jalan kaki. Tapi Rasulullah Saw. bukanlah tipe demikian. Rasulullah tidak suka hidup manja.

Dalam bukti ilmiah, setiap orang dianjurkan untuk melangkah, minimal 10.000 langkah setiap hari. Menurut analisis para dokter, melangkah minimal 10.000 langkah dapat mengurangi resiko munculnya penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, diabetes dan depresi. (hal. 35-36)

Sejatinya, melalui buku ini pembaca secara tidak langsung diajarkan bahwa Islam benar-benar agama komprehensif. Islam tidak hanya mengatur urusan ibadah saja, tapi juga mendorong manusia agar mampu meraih kesempurnaan hidup, baik bagi individu maupun masyarakat. Apa yang dikatakan Rasulullah Saw. “Kesehatan merupakan salah satu hak bagi tubuh manusia,” benar-benar dijelaskan dengan gamblang di buku melalui pribadi Rasulullah beserta penelitian ilmiah tentang apa saja yang dilakukan Rasulullah untuk kesehatan tubuhnya.

Buku ini saya rekomendasikan untuk dibaca. Selain sangat bermanfaat, harga buku ini juga tergolong murah. Tidak sampai Rp. 30.000 rupiah. Siapa pun yang membaca buku ini bakal mendapatkan banyak manfaat. Apalagi bahasa dan diksi yang digunakan sangat mudah dicerna, plus desain layout bukunya juga sangat bagus.

Oleh : Rahmat Hidayat Nasution

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan