Sabtu, 07 Juni 2014

Kunci Kebahagiaan Menurut Al Quran Surat Al Ashr

“Demi masa. Sungguh manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Ashr: 1-3)

Adalah Al quran surat Al Ashr terdiri atas tiga ayat. Singkat, namun mengandung makna yang luas. Dalam surat ini tersimpan kunci-kunci kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Mengingat pentingnya keberadaan Quran Surat Al Ashr ini, sampai-sampai Imam Syafi’i rahimahullah berkata, “seandainya manusia benar-benar mentadabburi surat ini, niscaya cukuplah ia menjadi jaminan kebahagiaan hidup mereka.”

Mengapa? Karena memang dalam surat ini Allah telah menawarkan pada manusia akan kunci-kunci kebahagiaan hidup. Adapun kunci-kunci tersebut diantaranya yaitu:

Pertama: Iman

Iman adalah kunci terpenting yang menentukan nilai amal dan derajat manusia di sisi Tuhannya. Karena bagaimana bagaimana pun tingginya kedudukan kita di mata manusia tidak akan ada artinya tanpa kehadiran iman dalam hatinya. Allah hanya akan menganugerahkan kebaikan dan keberkahan kepada hamba-hamba-Nya yang beramal dengan landasan iman.

Kedua: Amal Sholeh

Jika diibaratkan dengan tanaman, keimanan yang sejati tidak ubahnya sebatang pohon yang tumbuh subur dan mendapat perawatan yang tepat. Ia akan menghasilkan buah-buah yang berkualitas baik dan memberikan manfaat pada manusia dan makhluk lain yang ada di sekitarnya.

Demikian juga halnya dengan keimanan. Keimanan yang sejati akan tampil dalam bentuk amal sholeh dalam perilaku sehari-hari. Apa itu amal shaleh? Amal shaleh adalah segala bentuk ketaatan pada Sang Khalik. Meliputi:

  • Melaksanakan semua kewajiban yang disyariatkan oleh Allah.
  • Meninggalkan segala bentuk maksiat
  • Melakukan berbagai kebajikan.


Ketiga: Saling Menasehati dalam Kebenaran (Dakwah)

Iman dan amal sholeh hanya akan melahirkan keshalihan pribadi pada diri seorang muslim. Muslim sejati, tidak lah cukup hanya dengan iman dan amal sholeh. Dia juga harus memberikan manfaat pada keluarga dan lingkungannya. Sebagaimana pesan Rasulullah Saw dalam salah satu haditsnya bahwa manusia terbaik adalah manusia yang paling bermanfaat untuk orang yang lainnya.

Karena itu iman dan amal sholeh juga harus diiringi dengan saling mengingatkan, saling menasehati dalam kebenaran. Inilah yang dinamakan dengan dakwah. Dakwah adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Kewajiban yang akan mendatangkan cinta dari Allah dan menghadirkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Keempat:Saling Menasehati dalam Kesabaran

Kunci yang terakhir adalah saling menasehati dalam kesabaran. Mengingatkan kebaikan itu bukanlah hal mudah. Tidak semua orang yang bisa menerima nasehat dengan hati lapang. Sehingga dibutuhkan kesabaran yang jauh lebih besar dari pada semangat untuk mengingatkan. Demikianlah empat kunci kebahagiaan yang diajarkan oleh Allah Swt kepada kita melalui Al Quran Surat Al Ashr 1-3. Semoga kita bisa meraih kebahagiaan dunia dan akhirat melalui kunci-kunci ini.

Oleh: Neti Suriana

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan