Kamis, 12 Juni 2014

Tilawah 1 Juz Per Hari, Sulitkah?

Berapa target tilawah Anda per hari? Satu juz, dua juz atau kah masih dalam hitungan halaman?

Menyelesaikan bacaan Al quran 1 juz per hari tidaklah sulit. Bahkan bagi seseorang yang belum lancar sekalipun. Satu juz Al quran itu tidaklah banyak. Tidak lebih dari 10 lembar atau 20 halaman Al quran pojok yang rata-rata digunakan di Indonesia. Seandainya saja kita membiasakan tilawah setiap selesai sholat fardhu, hal itu berarti kita hanya perlu tilawah 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai sholat sholat fardhu untuk menyelesaikan target tilawah Al quran 1 juz per hari.

Lalu, pertanyaannya adalah mengapa terkadang kita masih sulit mengkhatamkan tilawah Al quran satu kali per bulan? Seharusnya, jika target 1 juz per hari terpenuhi dengan baik, maka target mengkhatamkan Al quran 1 kali per bulan itu juga bisa tercapai dengan mudah. Bukankah Al quran itu terdiri dari 30 juz? Lalu mengapa target khatam Al quran kita bisa molor? Termasuk saya (Penulis) terkadang sering molor dua hingga tiga bulan untuk mengkhatamkan satu Al quran. Terutama di luar bulan Ramadhan. Padahal menyelesaikan (mengkhatam) bacaan satu kali per bulan merupakan target tilawah paling ringan bagi seorang muslim.

Jadi, di mana kesulitannya?

Ternyata, yang paling sulit dan berat bagi kita untuk tilawah 1 juz per hari adalah menjaga semangat untuk terus konsisten dan rutin tilawah Al Quran. Mungkin, di awal kit bisa saja sanggup tilawah 1 juz per hari bahkan lebih. Namun, apakah hal tersebut akan bertahan pada hari-hari selanjutnya? Ternyata, ini lah tantangan terberatnya. Semangat kita seringkali jatuh di hari-hari selanjutnya.

Mulai dari berkurangnya target yang dicapai dalam satu hari, lupa, hingga perasaan malas yang menyerang. Kelemahan-kelemahan ini lah yang banyak menghalangi kita untuk bisa konsisten mencapai target tilawah Al quran satu hari satu juz. Akibatnya, target satu bulan satu kali mengkhatam Al quran pun sulit untuk diraih.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana agar kita bisa konsisten tilawah satu juz per hari? Kunci utamanya adalah dengan menjadikan tilawah Al quran sebagai kebutuhan bukan kewajiban. Ketika kita menjadikan Al quran sebagai kebutuhan, maka akan terasa ada yang kurang ketika melewati hari tanpa tilawah Al Quran. Kita akan merasa belum nyaman sebelum menunaikan tilawah Al quran dengan baik. Sehingga Al quran pun menjadi hal pertama yang kita sentuh sebelum menyentuh pekerjaan lain. Al quran menjadi hal pertama yang kita baca sebelum membaca yang lain.

Untuk mencapai itu semua dibutuhkan niat dan tekad yang kuat untuk menjadikan kebiasaan tilawah Al quran 1 juz per hari sebagai sebuah kebutuhan. Tanpa itu semua, apa pun tips dan trik yang dianjurkan di luar sana tidak akan ada artinya. Jadi, mumpung masih berada di Bulan Ramadhan, Syahrul Qur’an, ada baiknya kita mulai memperbaharui niat dan tekad untuk semakin memperbaiki interaksi dan kecintaan kita dengan Al quran. Sehingga, pada waktunya kita bisa merasakan betapa indahnya menjadikan Al quran sebagai sebuah kebutuhan.

Oleh: Neti Suriana

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan