Jumat, 06 Juni 2014

Tips Sehat Menjalani Ibadah Selama Ramadhan

Seperti kita ketahui Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan nuansa ibadah. Semangat ibadah kaum muslimin benar-benar digenjot pada bulan ini. Mengingat, Allah telah menjanjikan balasan pahala yang berlipat ganda untuk setiap amal yang dilakukan dengan ikhlas pada bulan ini. Sehingga menjadi suatu yang wajar jika kemudian kaum muslimin demikian bersemangat dan saling berlomba untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan ini.

Namun satu hal yang perlu diingat, aktivitas ibadah tersebut tidak sedikit yang membutuhkan kondisi fisik yang prima untuk melaksanakannya. Seperti puasa, sholat tarawih, sholat witir bahkan tilawah Al quran semuanya membutuhkan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit menjadi sebuah keharusan agar kita bisa optimal menjalankan ibadah Ramadhan di bulan ini.

Nah, agar ibadah puasa tidak membuat kondisi fisik kita lemah dan tetap sehat, beberapa tips sederhana ini mungkin bisa diterapkan:

Pertama: Jangan pernah sepelekan makan sahur

Sahur adalah salah satu sunnah puasa yang sangat dianjurkan bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa di siang harinya. Makan sahur bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama menjalani aktivitas puasa. Makan sahur sebelum berpuasa memungkinkan suply energi tubuh tetap terpenuhi selama menjalani ibadah puasa.

Rasulullah Saw juga menganjurkan ummatnya untuk makan sahur ketika ingin berpuasa. Sebagaimana sabdanya:

“Nabi Muhammad Saw bersabda: Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhori dari Anas bin Malik).

Kedua: Meski sebentar, usahakan untuk tetap berolahraga secara rutin

Olahraga banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita, terutama untuk mensuplay oksigen ke seluruh pembuluh darah dalam tubuh dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tampak selalu segar. Jadi sekalipun dalam kondisi puasa, tidak ada salahnya kita berolahraga ringan di pagi hari. Tidak perlu terlalu lama, cukup 10 menit saja agar tidak terlalu memporsir tenaga.

Ketiga: Berbukalah sesuai dengan sunnah Nabi

Berikut adalah beberapa sunnah Nabi Muhammad Saw dalam berbuka puasa, yaitu:
  • Menyegerakan berbuka puasa ketika sudah yakin masuk waktu magrib (terbenamnya matahari)
  • Berbuka dengan yang manis, seperti kurma atau cukup dengan beberapa teguk air putih.
  • Tidak berlebih-lebihan dalam makanan
  • Berdoa ketika berbuka puasa.


Keempat: Hindari berbuka langsung dengan air dingin (es)

Minuman dingin memang sangat menggoda selera saat berbuka puasa. Apalagi setelah berpuasa seharian. Namun, konsumsi air dingin (es) saat berbuka kurang baik bagi tubuh. Ia dapat menghilangkan selera makan. Padahal asupan nutrisi dari makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Keenam: Jaga menu makan kita agar tetap memenuhi standar gizi yang utama.

Menu makanan yang sehat tidak perlu mahal, yang penting kandungan nutrisi penting bagi tubuh tetap tersedia dengan cukup. Seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Jadi, minimal menu makanan kita terdiri dari makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral serta lauk pauk sebagai sumber protein.

Oleh: Neti Suriana

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan