Jumat, 06 Juni 2014

Tren Hijab Moderen

Saat ini semakin mudah bertemu dengan muslimah yang menutup auratnya, istilah keren saat ini berhijab. Alhamdulillah berarti semakin banyak pula yang menyadari bahwa menutup aurat, terutama untuk seorang wanita yang beragama Islam adalah suatu kewajiban. Bahkan pada bulan Ramadhan tahun ini, di beberapa tayangan infotaiment dikabarkan para selebriti pun berbondong-bondong berhijab dan katanya mau menutup aurat tanpa takut dijauhkan dari job. Aamiin, hanya itu yang dapat Saya ucapkan, semoga kemantapan tersebut akan bertahan sepanjang hayat dikandung badan.

Tapi ketika disebutkan alasan lain berhijab yaitu (kurang lebih intinya seperti ini),

“…Apalagi sekarang hijab (jilbab) udah mengikuti tren fashion, dan enggak gombrang-gombrang pakaiannya kayak dulu. Jadi tetap terlihat cantik dan modis.” Memang tidak bisa dipungkiri hal tersebut, terutama mengenai hal ini Saya mengacungkan jempol kepada salah satu desainer muda Indonesia, Dian Pelangi. Seseorang yang kreatif dan berani berinovasi mengenalkan tren fashion muslimah moderen, khususnya kepada remaja dan wanita muda yang biasanya selalu ingin tampil menarik. Walaupun memang segala sesuatu tidak bisa aman dari kontroversi, tapi yang penting adalah niat dan tujuannya tetap kebaikan. Masalah penilaian orang lain, setiap individu memiliki pendapatnya masing-masing kan? Kalau suka, silahkan diikuti, tetapi kalau merasa ada yang salah, sah-sah saja untuk tidak mengikuti tren tanpa perlu menganggap diri sendiri yang paling benar.

Saya sangat mengapresiasi usaha Dian Pelangi untuk memasyarakatkan jilbab, yang dulu sempat dipandang sebelah mata dalam beberapa bidang. Banyak hambatan bagi wanita berjilbab untuk berkarir di perusahaan tertentu, apalagi menjadi seorang artis atau model rasanya tidak mungkin menutup aurat. Berbeda dengan sekarang, dengan gaya pakaian dan jilbab yang moderen, jilbab semakin diterima di lingkungan manapun.

Ada pula komunitas para perempuan muda berjilbab yang sukses dibentuk oleh Dian Pelangi, yaitu Hijabers Community. Bahkan selama bulan Ramadhan ini, tepatnya setelah subuh ada program televisi yang mengajak komunitas tersebut untuk selalu memberikan tips memakai hijab modis, di segmen akhir per episode. Ini menunjukkan bahwa fashion memberikan pengaruh besar terhadap keinginan seorang muslimah untuk segera menutup auratnya, terutama bagi mereka yang berjiwa muda.

Namun, yang lebih penting dari sekedar modis tidaknya jilbab seorang muslimah, segala hal kembali kepada niatnya. Mantapkan hati, luruskan niat utama kita sebagai seorang muslimah ketika memutuskan menutup aurat. Apakah Saya berjilbab benar-benar ingin mengikuti perintah Allah swt, atau sekedar euforia sesaat karena ingin dianggap eksis dan modis? Hanya diri kita dan Allah swt semata yang tahu niat sebenarnya.

Saya bukanlah orang yang sudah mumpuni tentang ilmu dunia atau ilmu agama. Saya hanya seorang yang memiliki sedikit pemikiran yang ingin dibagi kepada sesama. Semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik di bulan yang penuh berkah ini. Aamiin.

Oleh : Nila Amalia Husna

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan