Kamis, 03 Juli 2014

5 Keutamaan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi ummat islam. Bulan yang dihadiahkan oleh Allah swt secara khusus pada ummat Muhammad Saw. Sebagai ummat islam sudah selayaknya kita bersuka cita dengan kehadiran bulan ini. Tidak cukup dengan bersuka cita saja, kita juga harus memanfaatkan kehadiran bulan ini dengan sebaik-baiknya. Tentunya dengan memperbanyak amal shalih dan meraih sebanyak-banyaknya rahmat dan ampunan Allah di bulan ini.

Nah, agar kita lebih termotivasi melaksanakan ibadah di bulan mulia ini, yuk kita intip apa saja keutamaan Ramadhan tersebut. Berikut adalah lima keutamaan Ramadhan yang perlu kita ketahui.

Bulan Penuh Rahmat dan Maghfiroh

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari & Muslim).

Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan ampunan (maghfiroh). Di bulan ini Allah melipatgandakan kasih sayangnya pada hamba-hamba yang beriman dan beramal sholeh. Allah menjanjikan ampunan dan pembebasan dari api neraka bagi hamba-hamba-Nya yang berpuasa karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah Swt.

Bulan yang Penuh dengan Keberkahan

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi.” (HR. Ahmad dan An-Nasai).

Ramadhan menjadi bulan istimewa bagi ummat islam, karena dipenuhi dengan keberkahan. Bulan di mana setiap kebaikan dinilai ibadah dan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt. Dalam hadist-nya yang lain Rasulullah Saw juga mengatakan bahwa di bulan ini pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan-syetan dibelenggu.

Pahala Dilipat Gandakan

“…. Barangsiapa pada bulan itu mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan yang lain. Barangsiapa mengerjakan satu ibadah wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kebaikan di bulan lain.” (HR. Al Uqaili, Inu Humazah, Al Baihaqi, Al Khaib dan Al Asbahan).

Bulan Ramadhan adalah kesempatan bagi orang-orang meng-upgrade kualitas penghambaannya kepada Allah swt. Di sinilah kesempatan kita untuk meraup pahala Allah sebanyak-banyak-nya. Karena di bulan ini Allah melipat gandakan pahala sekecil apapun amal kebaikan kita. Setiap amalan sunnah dinilai Allah dengan pahala amalan wajib. Sedangkan setiap amalan wajib pahalanya dilipatgandakan hingga 70 kali pahala amalan wajib yang dilakukan di bulan lainnya.

Terdapatnya Lailatul Qadar

“Barangsiapa yang mendirikan sholat pada Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

Keutamaan lainnya adalah di bulan ini Allah meletakkan lailatul qadar yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barang siapa yang melaksanakan ibadah di malam ini dengan iman dan keikhlasan, pahalanya sama dengan beribadah selama seribu bulan. Tidak cukupkah ini untuk memotivasi kita dalam beribadah di bulan ini?

Surga Ar-Royan Sebagai Ganjaran

“Dari Sahl bin Sa’d ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda; “sesungguhnya di surga ada satu pintu yang disebut Ar Royyan. Itulah pintu yang pada hari kiamat dikhususkan bagi orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari Muslim).

Surga adalah impian tertinggi setiap muslim. Ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang istimewa. Allah telah menyiapkan surga yang dikhususkan bagi para ahli puasa, yakni surga Ar Royyan.

Demikianlah 5 keutamaan Ramadhan yang mulia ini. Semoga informasi ini bisa memotivasi kita untuk lebih bersungguh-sungguh meraih rahmat Allah di bulan Ramadhan ini. Aamiin.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Hamdi. A.tt. Berkah dan Keajaiban Ibadah Puasa, Rahasia Islam untuk Menggapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat. Jakarta: Penerbit Sandro Jaya.
Majalah UMMI edisi Juli 2010

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan