Kamis, 21 Agustus 2014

7 Sifat Manusia Penyebab Dosa Besar / Bag.1



Dosa besar merupakan hal yang harus dihindari oleh setiap umat muslimin. Dosa besar tersebut tentunya tidak akan terjadi apabila setiap muslim mampu menjaga dirinya dari sifat yang buruk. Dengan menjaga diri dari sifat tersebut berarti mencegah untuk tidak melakukan perbuatan dosa besar.

Berikut ini adalah tujuh sifat yang harus dihindari karena bukan tidak mungkin sifat tersebut akan menjadi penyebab munculnya perbuatan dosa besar

Iri hati

Menurut berbagai literatur Islam, Iri hati merupakan salah satu penyakit hati yang kronis dan sangat berbahaya daripada penyakit fisik. Jika manusia sudah terjebak ke dalam sifat iri hati akan muncul sifat dengki sehingga bukan tidak mungkin manusia akan menghalalkan berbagai cara untuk melampiaskan rasa dengki dan rasa iri hati, misalnya dengan memfitnah atau membunuh. Memfitnah dan membunuh termasuk ke dalam kategori dosa besar

Rasulullah pun bersabda: “Sungguh iri hati akan menghabiskan seluruh perbuatan kebaikanmu bagaikan api yang membakar kayu bakar”. (HR Ahmad dan At-Tirmidzi). Selain itu dalil tentang menjauhi sifat iri terdapat di Surat An Nisa ayat 32, ayat tersebut adalah

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." Dengan demikian, sifat iri harus dihindari.

Sifat malas

Sifat malas merupakan salah satu sifat manusia. Jika manusia tidak mampu mengendalikan sifat malas, maka manusia pun akan menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa mau berusaha sedikit pun. Korupsi, mencuri, merampok, adalah beberapa perbuatan dosa besar, karena manusia tidak mau berusaha untuk mendapatkan harta.

Menurut literatur Islam, malas adalah salah satu sifat setan. Setan akan terus menggoda manusia agar tetap malas. Manusia pun harus minta perlindungan kepadaNya untuk menghindari sifat malas.

Hadits berikut ini menjelaskan tentang sifat malas. Hadis riwayat Anas bin Malik RA., dia berkata, Rasulullah SAW. biasa berdoa, “Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, menyia-nyiakan usia, dan dari sifat kikir. Aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan dari fitnah kehidupan serta kematian.” (HR. Muslim, 4878)

Sifat Sombong atau Takabur

Sebagai umat Islam, tentunya harus menjauhkan diri sifat sombong atau takabur. Bukan tidak mungkin karena sifat takabur, manusia akan merasa lebih hebat dari sesama manusia dan akan merendahkan manusia lainnya serta merasa lebih kuasa sang pencipta.

Karena ingin merasa lebih hebat dari orang lain, bukan tidak mungkin manusia akan membunuh manusia lain yang menurutnya akan melebihi kehebatannya. Pada akhirnya, bukan tidak mungkin pula manusia akan berbuat syirik atau melupakan sang pencipta. Syirik adalah dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.

Hadits berikut ini adalah penjelasan tentang sifat takabur. “Takabur adalah menentang kebenaran dan meremehkan (merendahkan) manusia” (HR Muslim)

Bersambung ke bag. 2

Oleh : Rahadian

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan