Senin, 18 Agustus 2014

Wahai Muslimah, Berhijablah!

Muslimah dan hijab adalah dua hal yang semestinya tidak terpisahkan. Hijab bagi seorang muslimah bukan sekedar kain penutup aurat. Akan tetapi hijab merupakan bukti ketaatan seorang hamba pada sang khalik. Tanpa ketaatan tidak mudah bagi seorang muslimah untuk mengenakan hijab. Akan tetapi, dengan ketaatan dan ketundukan menjadi sebuah kebutuhan bagi seorang muslimah. Mengapa Muslimah Harus Berhijab?

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al Ahzab : 59)

Alasan pertama mengapa wanita muslimah harus berhijab adalah karena berhijab perintah Allah. Allah dalam Al quran Surat Al Ahzab ayat 59 memerintah kepada istri-istri Nabi, anak-anak perempuan Nabi, dan istri-istri orang mukmin agar mengulurkan jilbab ke seluruh tubuhnya. Artinya, setiap wanita mukminah wajib menutup aurat mereka dengan hijab yang syar’i.

Abu Malik dalam Fiqhu Sunnah li Nisaa’ berpesan kepada para muslimah: “Ketahuilah wahai para muslimah bahwa para ulama sudah sepakat tentang wajibnya bagi kaum perempuan untuk menutup seluruh bagian tubuhnya, dan sesungguhnya terjadi perbedaan pendapat hanyalah dalam hal menutup wajah dan dua telapak tangan.”

Jadi, mengenakan hijab bagi seorang muslimah adalah kewajiban yang tidak terbantahkan. Dalam Al quran Allah menegaskan secara gamblang tentang kewajiban berhijab ini dalam beberapa ayat secara khusus. Seperti Al Quran Surat Al Ahzab ayat 59 dan Al quran surat An Nur ayat 31. Para ulama juga sudah sepakat tentang kewajiban berhijab bagi para muslimah ini.

Alasan kedua yaitu karena hijab merupakan lambang kemuliaan seorang muslimah. Allah swt berfirman dalam Al quran:
“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al A’raaf: 26).

Allah memberikan begitu banyak nikmat dan kesenangan pada manusia di dunia ini. Salah satu bentuk kenikmatan tersebut adalah pakaian dan perhiasan yang indah. Mengenakan pakaian takwa sesuai dengan syariat Allah adalah salah satu bentuk rasa syukur pada Allah. Maka dengan pakaian takwa itulah Allah akan memuliakan seorang hamba di dunia dan akhirat.

Kita punya banyak pilihan jenis, bahan dan model pakaian yang bisa kita gunakan. Demikian juga dengan aneka perhiasan yang bisa dipilih untuk mempercantik penampilan. Namun, Allah sudah menggariskan bahwa sebaik-baik pakaian adalah pakaian takwa. Hijab adalah bentuk pakaian takwa bagi seorang muslimah. Dan Allah akan memuliakan kita dengan pakaian takwa tersebut. Muslimah yang berhijab dengan sempurna cenderung lebih dihormati dan disegani di hadapan manusia dari pada wanita yang dengan mudah mempertontonkan auratnya. Inilah bukti bahwa hijab merupakan lambang kemuliaan seorang muslimah.

Saudariku kaum muslimah yang dimuliakan Allah…
Masih adakah alasan bagimu untuk tidak mengenakan hijab?

Oleh : Neti Suriana

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan