Senin, 29 September 2014

Kabar Gembira Untuk Para Wanita

Jika seorang wanita telah memiliki banyak anak, bisa saja muncul perasaan bosan dan tak mau hamil lagi. Sementara sang suami masih ngebet untuk memiliki seorang anak laki – laki maupun perempuan. Sebaiknya semua itu dikomunikasikan terlebih dahulu, sang suami juga harus melihat kondisi kesehatan istri baik secara fisik maupun psikis. Apabila kesehatan sang istri tak mengkhawatirkan, kiranya bisa untuk menambah momongan lagi. Perlu diketahui, banyak keutamaan yang bisa diraih saat hamil dan melahirkan.

Berikut hadits Nabi mengenai besarnya pahala wanita yang bersabar ketika hamil atau melahirkan. Dari Ibnu Umar Radialllahu Anhu, bahwa Rasulullah bersabda, “Seorang wanita itu bila hamil sampai ia melahirkan dan sampai ia menemui kematiannya, seperti seorang yang ribath fi sabilillah. Bila ia meninggal dalam kondisi tersebut maka mendapat pahala syahid.” (HR. Thabrani).

Di lain hadits disebutkan, bahwa wanita pengasuh Ibrahim bin Muhammad berkata, “Wahai Rasulullah, engkau telah banyak memberi kabar gembira pada kaum laki – laki, tapi tidak para wanita.” Maka Nabi bersabda “Apakah kalian tidak suka bila salah seorang dari kalian hamil dengan mendapatkan kecintaan dari suami, bahwa baginya pahala orang yang berjuang fi sabilillah dalam keadaan shaum? Dan bila ia merasakan sakit (ketika melahirkan), maka semua penghuni langit dan bumi akan memberitahukan apa yang tersembunyi dari sesuatu yang diinginkannya.

Bila ia melahirkan, maka tidak keluar darinya setetes susu dan satu isapan air susu kecuali dari setiap tetesan dan isapan susu tersebut bernilai kebaikan. Bila ia terbangun di malam hari sebab anaknya, maka baginya pahala seperti orang yang telah memerdekakan tujuh puluh budak fi sabilillah.” (HR. Thabrani).

Ketika mengomentari hadits syahidnya wanita yang meninggal ketika hamil, Ibnu Hajar berucap “Yaitu wanita yang meninggal dan di dalam perutnya ada seorang bayi.” Imam An – Nawawi berkata, “Mereka yang mendapatkan pahala syahid karena pedih dan beratnya rasa sakit yang mereka rasakan.” Lalu Ibnu Ath – Thin berkata “Mereka yang mendapatkan pahala syahid merupakan keutamaan yang telah Allah berikan, lalu menjadi pembersih dosa – dosa, dan menambah pahala mereka, sehingga mencapai derajat syahid.”

Diampuni Segala Kesalahannya.

Dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa wanita yang tengah mengandung itu menanggung beban yang amat berat. Dalam hadits pula dijelaskan, kesusahan yang menimpa setiap mukmin akan menjadi kafarat atau tebusan baginya atas dosa – dosanya. Rasulullah bersabda “Tidaklah seorang mukmin ditimpa sakit, atau siksaan, atau cobaan, atau kesedihan, sampai sebuah kesusahan yang dialaminya, kecuali akan diampuni kesalahan – kesalahannya.“ (HR. Muslim)

Pilih Tambah Momongan

Begitu besarnya pahala bagi wanita yang sedang hamil, tak ada salahnya jika seorang wanita untuk menambah buah hati lagi, di mana keinginannya untuk mendapatkan semua pahala yang telah dijanjikan oleh Allah melalui hadits – hadits yang telah dipaparkan sebelumnya. Rasulullah pun teramat senang kepada umatnya yang memiliki keturunan yang banyak. Menjadi sebuah kemestian bagi keluarga muslim adanya keinginan besar memiliki banyak keturunan, lebih didasari oleh adanya kesadaran untuk menerapkan anjuran Rasulullah. Dengan niat yang tulus, Insya Allah akan dimudahkan urusan dan rezekinya.

Oleh : Ardan Esand

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan