Kamis, 06 November 2014

Kecanggihan Terapi Ikhlas

Judul Buku : Terapi 1 Menit
Penulis : ABU ZIYAD HSDS
Penerbit : Internusa Publishing
Tahun Terbit : Januari, 2013
Halaman : xi + 158 halaman

TERNYATA masalah yang kita hadapi saat ini baik itu fisik maupun emosi adalah kenangan yang masa lalu yang muncul kembali, dia datang dengan memberi kita satu kesempatan lagi untuk menyikapinya dengan cara yang lebih baik.

Saat anda mulai mencari solusinya, jawaban anda bisa muncul dari dua sumber, yaitu dari pengalaman anda (memori masa lalu) atau dari inspirasi (masa depan) yang berasal dari Allah. Inilah makna yang digagaskan penulis dalam sebuah bukunya yang berjudul “Terapi 1 Menit.” Buku mini ini memiliki ukuran Panjang 15 cm dan lebar 10. Dalam bukunya Abu Ziyad HSDS berusaha menghadirkan sebuah rahasia kesembuhan penyakit Emosi dan Fisik dalam waktu 1 menit dengan sebuah keajaiban Ikhlas dan EFT (Emotional Freedom Technique).

Di zaman yang serba modern ini banyak sekali lembaga-lembaga yang berlomba untuk menyembuhkan segala penyakit dan tempat pengaduan segala keluhan-keluhan yang sedang dialami, baik itu ke rumah sakit, klinik, tempat praktik kesehatan herbal maupun tradisional yang sudah menjadi hal yang lumrah kita saksikan dari setiap media massa baik televisi maupun majalah.



Berbeda hal nya dengan sang motivator spiritual Abu Ziyad ini, ia berusaha mengais keberkahan hidup, kesembuhan penyakit, dan penyakit hati dari sebuah teknik simpel dan menarik yaitu Quantum Ikhlas dan teknik pengontrolan emosi. Karena sejatinya penyakit itu tidak hanya disebabkan oleh makanan atau kecelakaan fisik melainkan juga bisa disebabkan kurangnya spiritualisme setiap individu dan juga krisisnya hati untuk menjadikan ikhlas dan Allah adalah penolong utama yang luar biasa hebatnya.

Teknik EFT (Emotional Freedom Technique) terbagi atas tiga bagian yaitu : The set up atau kalimat pasrah, Tune In atau fokus pada masalah, Tapping atau menetralisir gangguan emosi. Ini adalah sebagian kecil teknik yang difokuskan penulis dalam bukunya. Bahwasanya penyakit hati atau fisik dapat disembuhkan dengan menguasai Quantum ikhlas.

Sesungguhnya hal yang paling menarik yang penulis ciptakan yaitu, buku ini dilengkapi dengan contoh kasus penyembuhan EFT dan bagaimana supaya menjadi insan yang senantiasa Ikhlas menghadapi cobaan, hadis-hadis yang relevansi untuk di konsumsi, Serta tata cara mempraktikkan terapi dengan metode gerakan yang cukup ringan. Teknik Ikhlas sejatinya telah mampu mendobrak kecanggihan ilmu kedokteran yang sudah mapan saat ini. Hanya saja kita kaum muslimin kurang yakin dan percaya tentang mujarabnya sifat ikhlas. Seandainya saja kita semua bisa memahami ikhlas dengan sepenuh hati maka tidak ada lagi kesedihan dan tidak ada lagi emosi yang berpotensi menimbulkan penyakit hati dan fisik.

Menarik untuk dicermati bila kita berbicara tentang ikhlas, ikhlas dalam hati, perbuatan dan perkataan memang kelihatan ‘sepele’ tapi sulit diaplikasikan dalam kehidupan. Contoh dari teknik ikhlas yang penulis angkat dalam bukunya yaitu: “ Ya Allah... meskipun saya cemas karena dikejar-kejar hutang, saya ikhlas menerima kecemasan saya ini, saya pasrahkan kepada Mu, ketenangan hati saya dan solusi dari masalah saya ini.” (hal. 44). Sekelumit statement ikhlas yang dilisankan ketika mendapat cobaan, yang sekaligus bisa diterapkan dalam kehidupan kita, karena dengan ikhlas solusi dari Allah akan muncul, karena ketika kita ikhlas kita berdamai dengan diri kita sendiri, dan karena saat kita ikhlas keajaiban Allah akan mulai bekerja.

Buku mini penuh inspirasi ini sangat menarik untuk dipelajari dan dimiliki oleh semua kalangan, dengan cerdas penulis berusaha menghadirkan gagasan-gagasan penting yang disajikan dalam literatur bahasa yang renyah dan nikmat untuk dinikmati. Pembaca tidak akan bosan dan juga khawatir atas masalah yang kian menjenuhkan dan melelahkan, pasalnya cukup dengan membaca buku Terapi 1 menit ini akan membuka alam bawah sadar kita bahwa Allah telah memberikan cobaan dengan solusi yang benar-benar ada jalannya dan mendapat berkah dari Nya jika kita ikhlas dan ridho menjalaninya. Tidak perlu menghabiskan uang yang banyak untuk bisa sembuh dari penyakit. Buku dengan 23 bab dan 158 halaman ini sangat dapat memberi kita pengetahuan dan dorongan yang sifatnya persuasif bahwa setiap masalah datangnya tidak ada maksud lain kecuali untuk menguji dan mengangkat kehidupan kita. “Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Sesungguhnya hal itu adalah berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al Baqoroh : 45)

Oleh : Ade Sundari

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan